Jemeugan - Anda sudah berencana membeli salah satu franchise yang ada saat ini? Ada baiknya sebelum memutuskan membeli franchise tersebut, anda baca 5 tips yang wajib dibaca sebelum membeli franchise berikut. Adanya kewajiban melakukan program pemasaran secara terpusat merupakan
salah satu kekuatan paling luar biasa dalam sistem waralaba. Dengan
mengumpulkan pendanaan dari para terwaralaba (franchisee) dalam sebuah
sistem, tercipta lah kekuatan pemasaran yang lebih besar secara
kolektif.
Dana yang terpusat ini dapat dimanfaatkan untuk melakukan hal-hal yang
tak mungkin dilakukan oleh terwaralaba sendirian, semisal melakukan
kampanye pemasaran melalui iklan di televisi. Dana yang sama dapat pula
dipergunakan untuk menyewa pakar profesional untuk menciptakan materi
advertensi yang jauh lebih baik dibandingkan yang bisa dibuat oleh
terwaralaba sendirian.
Meskipun demikian dana ini juga dapat menjadi sumber sengketa karena
para terwaralaba kerap merasa dana dimaksud tidak dipergunakan seperti
yang mereka harapkan. Ini berkemungkinan menjadi isu besar dalam sistem
waralaba, khususnya di masa resesi dimana advertensi cenderung kurang
efektif dibandingkan di masa-masa yang lebih baik.
Itu sebabnya sangat mendasar bagi setiap orang yang ingin menanamkan
uang dalam usaha waralaba untuk memastikan bahwa sistem pemasaran yang
dimiliki perusahaan sasaran berjalan baik. Berikut ini adalah lima
kualitas dasar bagi sebuah program pemasaran waralaba yang baik.
1. Mendatangkan Pelanggan
Secara jujur dan sederhana, pertanyaan pertama yang harus ditanyakan
adalah apakah dana pemasaran dimaksud akan membawa pelanggan datang ke
outlet penjualan produk sehingga membuat usaha dimaksud sukses. Jika
jawabannya ya, maka konflik dapat ditekan sampai ke tingkat minimum.
Jika tidak, bakal terjadi lah ‘perang dunia ketiga’.
2. Melibatkan Mitra (Terwaralaba)
Program pemasaran waralaba pada umumnya memberi kesempatan substansial
kepada para terwaralaba menyampaikan opini untuk ditampung. Wewenang
keputusan akhir memang normalnya ada pada pihak pewaralaba (franchisor)
namun selalu mendapat banyak masukan dari mereka yang paling dekat
kepada pelanggan yakni para terwaralaba. Sebaiknya bertanya lah kepada
dewan penasihat waralaba perusahaan dimaksud (biasanya ini dipilih atau
dibentuk) dimana badan ini secara teratur bertemu dengan eksekutif
pemasaran perusahaan tersebut untuk memberi masukan terhadap proyek dan
kampanye pemasaran di masa depan.
3. Terbagi secara Benar
Dana pemasaran terutama digunakan untuk tiga hal. Pertama, untuk menutup
ongkos pengadministrasian dan upaya-upaya pemasaran (misalnya, biaya
internal, fee untuk agen dll). Kedua, dana ini diperuntukkan membiayai
ongkos produksi materi advertensi (advertensi cetak, direct mail, iklan
radio dan televisi dll). Terakhir, untuk membayar pembelian ruang dan
penempatan iklan di media.
Para terwaralaba biasanya mengeluhkan terlalu besarnya dana dibelanjakan
di satu bidang dan terlalu sedikit di bidang lainnya. Sebagai contoh,
sudah pasti dbutuhkan dana yang cukup besar untuk menciptakan materi
promosi berkualitas tinggi. Namun, jika semua uang dibelanjakan ke sini,
tak kan ada lagi yang tersisa bagi upaya menyampaikan materi promosi
itu kepada pelanggan. Jadi sangat jelas harus ada keseimbangan yang
beralasan diantara dua kepentingan tersebut.
‘Sengketa’ lain yang sering terjadi adalah mengenai jumlah yang harus
dibelanjakan kepada advertensi yang bersifat mempromosikan ‘pembangunan
merek (brand building)’ versus jumlah yang harus dikeluarkan untuk
advertensi yang mempromosikan “daya menarik pelanggan (customer
attraction)”. Para eksekutif di departemen pemasaran perusahaan
pewaralaba umumnya lebih mengutamakan yang pertama, sedangkan kebanyakan
terwaralaba lebih mementingkan yang terakhir.
Jadi jika tidak ada keseimbangan yang cukup beralasan diantara kedua hal ini, akan terjadi konflik masif.
4.Terdokumentasi dengan Baik
Sistem pemasaran waralaba yang dirumuskan dengan baik dan telah teruji
pula, pastilah didokumentasikan secara teliti oleh pewaralaba. Walau pun
sebagai terwaralaba Anda mungkin tak diberikan keseluruhan dokumentasi
pemasaran internal mereka, Anda
boleh mendapatkan setidaknya daftar isi manual pemasaran mereka. Hal ini
akan memberi gambaran mengenai strategi yang akan disampaikan dalam
prorgram pelatihan yang akan diikuti terwaralaba. Hal tersebut juga akan
menunjukan seberapa baik mereka telah mendokumentasikan berbagai manual
dan alat-alat pendukung dan pelatihan mereka.
5. Buktikan dengan Teliti
Cara paling pasti untuk mencari tahu seberapa bagus program pemasaran
sebuah perusahaan waralaba adalah dengan langsung menelepon dan
bertanya. Mereka pasti sangat siap menjawab karena tak banyak hal yang
mereka pikirkan kecuali tentang marketing. Spesifik lah dan tanyakan
mereka seberapa bagus program pemasaran mereka dalam menarik datangnya
pelanggan. Jangan lupa bertanya apakah mereka merasa tetap konsisten
menghasilkan nilai tambah yang baik (good value) dari kontribusi dana
yang diharuskan dibayarkan oleh terwaralaba. Jika di sini Anda menemukan
mayoritas terwaralaba dalam sistem waralaba tersebut kurang gembira
dengan cara pewaralaba dimaksud dalam mengelola dana pemasarannya, Anda
juga cukup beralasan untuk berasumsi akan mengalami hal yang sama. Jika
begitu janganputus asa. Cari lah perusahaan lain.
Sebaliknya, jika sebagian besar terwaralaba merasa senang dengan cara
pewaralaba mengelola dana pemasarannya, itu adalah tanda yang bagus.
Tidak dapat dipungkiri topik pemasaran merupakan salah satu yang paling
penting Anda tanyakan dalam menilai peluang bisnis waralaba. Oleh karena
itu Anda harus memastikan meluangkan cukup waktu untuk hal ini. Jika
materi pemasaran sebuah perusahaan waralaba efektif dan terdokumentasi
dengan baik, serta telah teruji berhasil mendatangkan pelanggan, pasti
lah perusahaan tersebut dengan gembira memberikan informasi tentang
sistem pemasaran mereka. Sebaliknya jika tidak, pasti mereka akan
berusaha berpindah topik pembicaraan ketika Anda menanyakan hal itu.
Sisihkan waktu yang cukup untuk memastikan apakah Anda sedang
berhubungan dengan perusahaan yang mempunyai program pemasaran yang
baik. Ini bukan soal kecil sebab hidup bisnis Anda akan ditentukan
seberapa sukses program pemasaran tersebut mendatangkan pelanggan. Waktu
dan penelitian yang Anda sediakan untuk hal ini akan mendatangkan
manfaat yang besar dalam jangka panjang dan Anda akan menyukai usaha
yang Anda lakukan.